Minggu, 21 Februari 2010

Laporan Penelitian Laboratorium






BAB I
PENDAHULUAN

A.Dasar Teori

1.Pengertian laboratorium
Laboratorium adalah tempat dilakukanya percobaan dan penelitian. Tepat ini dapat merpakan suatu ruangan tertutup, kamar, atau ruangan terbuka, kebun misalnya.
Dalam pengertian terbatas laboratorium ialah suatu ruangan yang tertutup dimana percobaan dan penelitian dilakukan.
Suatu tempat berupa bangunan yang dilengkapi sejumlah peralatan untuk tempat belajar siswa.
a.Tempat yang dilengkapi peralatan untuk melangsungkan aksperimen di dalam sains atau melakukan pengujian dan analisis.
b.Bangunan atau ruangan yang dilengkapi peralatan untuk melangsungkan penelitian ilmiah ataupun praktek pembelajaran bidang sains.
c.Tempat memproduksi bahan kimia ataupun obat.
d.Tempat kerja untuk melangsungkan penelitian ilmiah, dst.
Desain laboratorium dalam pendidikan IPA berarti, bagaimana bentuk laboratorium itu, bagian-bagian apa yang harus ada agar seua memberikan kemudahan bagi siswa dalam belajar mapun mengerjakan tugas-tugasnya.
Tata ruang laboratorium dalam pendidikan IPA berarti bagaimana menyusun semua peralatan dalam laboratorium, baik meja, kursi, almari maupun peralatan lain sesuai dengan kegiatan belajar mengajar pada waktu itu.

2.Macam ruangan yang diperlukan
1.Ruangan kegiatan belajar mengajar
Dimana peralatan termasuk meja, kursi, lemari, dan rak ada di dalamnya. Ruangan itu dapat berbentuk persegi panjang. Bentuk ruangan ini memunyai kelamahan yaitu jarak antara guru dan siswa yang di belakang menjadi jauh. Untuk mengurangi kelemahan tersebut disarankan agar ruangan itu berbentuk bujur sangkar.
2.Ruangan persiapan.
Dimana guru di laboratorium dapat melakukan persiapan sebelumnya, agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan baik.
3.Ruangan untuk gudang
Digunakan untuk menyimpan alat-alat dan bahan yang digunakan. Untuk gudang diperlukan ruangan minimal ukuran 5x4 m agar dapat menyimpan. Lemari untuk zat-zat kimia. Almari untuk menyimpan alat-alat tidak boleh bercampur dengan lemari yang berisi bahan-bahan kimia.
4.Ruang gelap.
Digunakan untuk mengerjakan pemprosesan foto atau untuk percobaan lain yang harus bebas cahaya.
5.Ruangan untuk menimbang.
Sebaiknya juga harus dimiliki setiap laboratorium. Ruangan timbang ini gunanya untuk menimbang bahan-bahan kima dan juga untuk menyimpan tmbangan itu sendiri. Alat timbang jangan disimpa dalam ruangan yang digunakan untuk menyimpan zat-zat kimia, kecuali timbangan atau neraca yang besar. Karena disimpan dalam ruangan kegiatan belajar mengajar (laboratorium) aka cepat kotor dan berkarat sehingga tidak sempurna lagi kerjanya.
6.Ruang kaca.
Yang lazim disebut rumah kaca memang banyak diperlukan bagi pelajaran biologi. Dengan adanya rumah kaca, siswa dapat dengan mudah serta aman malakukan percobaan dan pengamatan dalam proses praktikum biologi.
7.Pintu, jendela dan lantai
Semua pintu dan jendela harus lebar dan membuka ke arah luar, lantai ruangan harus rata dan tidak licin.

3.Pegelolaan laboratorium
a)Memelihara kelancaran penggunaan laboratorium
Harus ada jadwal yang jelas tentang penggunaan laboratorium.
Harus ada tata tertib laboratorium, dan dilaksanakan dengan tertib.
Harus selalu dalam keadaan siap pakai.
b)Menyediakan alat-alat dan bahan-bahan yang diperlukan dalam laboratorium
Dapat dipisahkan menjadi 2 macam :
Zat-zat yang langsung dapat diambil siswa.
Termasuk disini adalah zat / larutan-larutan yang disediakan di rak-rak terbuka. Sebelum mengambil larutan lebih dulu siswa melihat daftar untuk mengetahui nomor dan letak botol yang dicari. Biasanya daftar yang dimaksud ditempelkan pada bagian ujung tip rak dan disusun berdasarkan abjad.
Zat yang harus diminta pada petugas.
Siswa harus engisi kertas isian yang tersedia, setelah ditanda tangani diserahkan kepada petugas untuk disediakan.
Dalam pemakaiannya alat-alat dan bahan kimia harus disusun kembali ke dalam tempat penyimpanan. Untuk kelancaran ini maka alat-alat atau bahan-bahan yang disimpan telah pisah-pisah atau terklarifikasikan supaya mudah dikontrol dan di pakai.
Hal ini maliputi :
a.Keadaan alat dan bahan
b.Keadaan gudang
c.Keadaan laboratorium secara menyeluruh
d.Situasi harian
e.Catatan khusus
Pencatatan ini lebih praktis jika setiap alat dan bahan dalam laboratorium diberikan satu kartu yang berisikan :
a.Nama alat atau bahan
b.Spesifikasi
c.Golongan
d.Nomor induk
e.Nomor kode
f.Tempat dalam penyimpanan
Buku harian digunakan untuk catatan sementara mengenai peristiwa-peristiwa laboratorium dibuat buku catatan harian. Misalnya :
a.Catatan pinjaman alat sementara
b.Cataatan sebelum dipindahkan pada buku kartu
c.Catatan lain yang bersifat sementara
Selain buku catatan harian, di laboratorium juga harus ada buku catatan khusus yang berisi :
a.Catatan konstanta dipakai
b.Catatan pembuatan larutan
c.Catatan percobaan khusus

4.Keselamatan Laboratorium
Dalam usaha menjaga keselamatan pemakai laboratorium pada saat mereka melakukan kegiatan, maka pencegahan terjadinya keelakaan lebih utama dari pada merawat setelah korban berjatuhan. Sebaba itu sangat penting dibuatlah peraturan pada Tata Tertib peggunaan laboratorium.
Sebaiknya tata tertib itu berisi tiga unsur penting yang tidak dilakukan yaitu, larangan, suruhan dan petunjuk. Usahakan setiap siswa memahami benar-benar isi tata tertib sebelum mereka melakukan kegiatan dalam laboratorium.
Beberapa komponen yang erat hubungannya dengan keselamatan laboratorium:
a.Adanya air yang cukup
b.Gas
c.Listrik
d.Kotak PPPK
e.Sebaiknya pada dinding laboratorium atau pada dinding kotak PPPK tertera nomor telepon penting.
f.Alat pemadam kebakaran baik, busa, gas CO2 atau jenis lain
g.Disediakan kotak berisi pasir kering dengan skopnya
h.Disediakan selimut anti api

B.Tujuan
Melaporkan hasil opservasi kelompok dalam mengamati laboratorium dari suatu SMA untuk selanjutnya menganalisis pengelolaan laboratorium dan prasarana Lab IPA SMA.

C.Alat pendukung
1.Buku catatan
2.Alat tulis
3.Camera Digital

D.Lokasi Observasi
Nama sekolah : MAN 1 Pekalongan
Alamat : Jalan Capgawen Kedungwuni no.113
Kompleks Islamic Centre
Pekalongan 51173


E.Waktu Pelaksanaan
Hari : Sabtu
Tanggal : 14 November 2009


BAB II
PEMBAHASAN

A.Struktur Organisasi dan tata Tertib
Struktur organisasi dibuat denga rapi dan ditempatkan di dalam bingkai, di pasang di sebelah kanan papan tulis.
Tata tertib penggunaan Laboratorium ada beberapa yang harus dilaksanakan dan sebagai syarat masuk lab. Yaitu membawa buku petunjuk praktikum. Tujuan dibuatnya tata tertib dan struktur adalah supaya bisa saling jaga antar koordinator, dan siswa. Agar dapat menjaga kelancaran pada saat berlangsungnya praktikum.

B.Administrasi Alat / Bahan
Alat-alat yang ada dalam lab di MAN 1 Pekalongan ditulis dalam buku besar dan ada beberapa di cata dalam kertas folio, tidak ketinggalan pula juga ada file yang di dalam komputer, jadi jumlah barang, kerusakan barang, kadaluarsa bisa dikethui.
Hanya saja kartu stok di dalam lab ini belum tersedia begitupun dengan kartu pinjaman barang lab jadi barang-barang ini hanya digunakan di dalam lab saja. Sekalipun mau diabawa keluar harus ada izin dari guru pengampu atau ketua lab.

C.Daftar alat / Bahan Sesuai LKS
Apabila melakukan praktikum, bahan-bahan yang dibutuhkan menurut LKS terukupi ( ada semua ), tetapi dalam raktikum Kimia bahan-bahan dalam lab tercukupi semua, tetapi di dalam praktikum Biologi alat-alat masih ada beberapa yang kurang. Misal :
1.Praktikum golongan darah ( serum )
2.Preparat laut terbatas
3.Herbarium kering dan basah masih sedikit.

D.Program Kegiatan Lab
Program kegiatan lab ini ditulis di buku besar dan sebagian ada yang di file. Disini kami meminta Jadwal penggunaan laboratorium baik mata pelajaran Kimia, Biologi, Fisika, Geografi, disini laboratorium Geografi dan Fisika masih di renofasi dan sebagian digunakan Lab. Otomotif, jadi sejak tahun pelajaran 2008 – 2009 akhir lab, ini dijadikan lab IPA. Buku harian tentang Lab di tulis apabila digunakan praktikum saja. Kegiatan Lab pembelian stock barang, kebersihan Lab di tulisa di buku besar dan dipegang oleh kepala Lab. Di sini kami meminta copyan faktur pembelian alat-alat Lab yang dibutuhkan.

E.Penataan
Dalam observasi kali ini kami menemui hambatan berupa pemadaman listrik sehingga kami hanya bisa melihat gambar tertentu saja.

F.Alat-alat
Alat-alat praktikum Biologi, Fisika, Geografi dan Kimia diletakkan di almari masing-masing. Torso diletakkan di atas almari penyimpanan barang biologi. Mikroskop listrik monokuler masih dibalut dengan sterofom, kemudian alat-alat biologi ditata teratur.
Alat / bahan kimia dan fisika. Kami menaruh larutan-larutan di atas meja karena dari dalam almari kami tidak bisa mengambil gambar, karena keterbatasan cahaya, masih banyak barang yang ditaruh di luar almari (larutan, pipet / tabung-taung yang rusak).

G.Perawatan
1.Alat-alat yang digunakan praktikum langsung dibesikan setiap 2 minggu sekali, karena apabila dibersihkan terus menerus dikawatirkan akan terjadi hal yang tidak diinginkan.
2.Kebersihan laboratorium di pel dan disapu setiap dua hari sekali.

H.Alat peraga pendidikan (Media)
Kami mengambil contoh / sample mata kuliah pelajaran Biologi, dalam hal ini alat pendidikan seperti toursa, gambar-gambar seperti siklus peredaran darah, ditempel di tembok-tembok lab.
Ruang laboratorium tidak perlu dilengkapi LCD karena Lab Biologi dan Kimia pintunya belum berupa pintu besi, apabila diperlukan pemutaran kaset, meminjam Lab otomoti, bahasa atau komputer, dilengkapi kipas angin, tidak ada lemari es / kulkas.

I.Macam-macam Ruangan
1.Ruang gelap, terletak di sebelah ruang penyimpanan alat-ala fisika dan biologi. Dan sebelahnya penyimpanan biologi + kimia.
2.Ruang timbnag di dalam lab ini tidak ada. Penyampuran bahan dilakukan di ruang persiapan.
3.Ruang praktikum ditata dengan rapi. Secara umum ruang lab di sini hampir sama dengan ruang lab di IKIP PGRI.
4.Tidak terdapat kebun sekolah untuk praktikum, tetapi ada satu kebun yang digunakan untuk keperluan PMR.


J.Keselamatan dan Kebersihan Lab
1.Kotak P3K dipasang di dinding sebelah pintu masuk. Namun kotak P3K tidak diisi obat-obatan. Obat-obatan disimpan di di tas / box obat P3K.
2.Terdapat alat-alat pembersih yang terdiri dari :
a.Sapu, 2 buah.
b.Pel, 1 buah.
c.Cairan pembersih
d.Sikat pembersih.
e.Tisu
f.Dll.
3.Alat pemadam kebakaran diletakkan di bawah meja depan ruang penyimpanan alat biologi.
4.Perlengkapan praktikum seperti jas lab, buku praktikum, sarung tangan, masker, disediakan dari laboratorium.

1 komentar:

  1. William Hill Betting Locations | Mapyro
    Find William Hill sports https://deccasino.com/review/merit-casino/ betting locations in Maryland, West Virginia, septcasino Indiana, Pennsylvania, South 메이피로출장마사지 Dakota, West Virginia and more. goyangfc BetRivers.com.

    BalasHapus